I HIRDI KONSULINDO - Accounting Service and Tax Consultant
hirdikon phone I +62-21 2598 5213/ +62812-2234 8420
hirdikon email info@hirdikonsulindo.com

Kunci Sukses Penyusunan SPT PPh Badan: EKUALISASI

29 Jan 18

Tak terasa tahun pajak 2017 sudah terlewati dan sudah tiba saatnya kita melakukan persiapan untuk menyusun SPT tahunan. Salah satu kunci sukses dalam menyusun SPT tahunan adalah Ekualisasi. Ekualisasi pada dasarnya proses menyamakan biaya/pendapatan yang merupakan objek pajak yang dicatat di dalam laporan keuangan dengan apa yang dilaporkan di SPT.

Pada Umumnya ekualisasi dibagi menjadi tiga, yaitu:

a. Ekualisasi penghasilan dan objek PPN.

b. Ekualisasi penghasilan dan objek PPh Potong Pungut (PotPut).

c. Ekualisasi Biaya dan Dasar Pengenaan Pajak Masukan.

A. Ekualisasi Penghasilan dan Objek PPN

Ekualisasi ini didasarkan pada perbadingan antara jumlah penghasilan/pendapatan pada form 1771-I di SPT Tahunan PPh Badan dengan Jumlah DPP selama satu tahun pada SPT masa PPN.

B. Ekualisasi penghasilan dan objek PPh Potong Pungut (PotPut).

  • Ekualiasi PPh pasal 21 : didasarkan pada pengakuan jumlah biaya gaji dan upah tenaga kerja pada laporan laba/rugi dengan jumlah DPP selama satu tahun pada SPT masa PPh 21 yang telah dilaporkan. Dalam melakukan ekualisasi PPh pasal 21 dimungkinkan terjadi selisih yang disebakan:

    • Biaya yang bukan objek PPh pasal 21, seperti iuran pensiun, dan JHT.

    • Perbedaan tahun pengakuan biaya dan pemotongan PPh 21 (PPh 21 dihitung berdasarkan cash basis/ jumlah yang sudah dibayarkan).

    • Selisih kurs.

  • Ekualiasi PPh pasal 23/26 dan 4(2) : didasarkan pada pengakuan jumlah biaya pada laporan laba/rugi yang dilaporkan pada 1771- II dan 1771- IV dengan jumlah DPP selama satu tahun pada SPT masa PPh pasal 23/26 dan 4(2) yang telah dilaporkan.